Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan lukisan Mona Lisa, lukisan paling terkenal karya Leonardo da Vinci. Namun, ternyata tidak hanya lukisan Mona Lisa yang menjadi lukisan legendaris dunia. Ada beberapa nama lukisan yang bersanding dengan karya lukisan Leonardo, beberapa diantaranya yaitu:

1. Lukisan The Persistance of Memory
Lukisan beraliran surealisme ini dilukis oleh pelukis kelas dunia bernama Salvador Dali. Lukisan ini dibuat pada tahun 1931 dan sekarang disimpan di MoMA Amerika Serikat. Banyak perspektif tentang makna dari lukisan ini, namun yang pasti objek yang terlihat jelas di lukisan yaitu bukit, jam, gurun, dan semut.
2. Lukisan Starry night
Lukisan karya Vincent van Gogh ini menyimpan misteri, karena dilukis berdasarkan ingatan sang pelukis saat bermimpi. Beberapa orang menganggap lukisan Vincent melampaui representasi dunia fisik, karena objek di dalamnya mencerminkan kerumitan otaknya.
3. Lukisan The Scream
Dibuat pada tahun 1893 oleh pelukis kelas dunia bernama Edward Munch. Lukisan ini beraliran ekspresionisme yang berusaha menggambarkan sosok yang mengalami krisis eksistensial dengan background letusan Krakatau. Sosok di lukisan tersebut terlihat menutup telinga sebagai tanda bahwa ia bereaksi terhadap perubahan alam yaitu gunung meletus.
4. Lukisan Guernica
Sebagai pelopor karya lukis modern abad 20, lukisan ini menjadi lukisan paling legendaris di dunia. Dibuat oleh Pablo Picasso, lukisan ini menggambarkan kekerasan dan kerusakan. Tujuannya yaitu untuk menyampaikan kritik di masa perang yang banyak menelan korban jiwa dan menyebabkan kerusakan.
5. Lukisan Girl with a Pearl Earring
Jan Vermeer merupakan pelukis asal Belanda yang berhasil membuat hasil karya lukis paling legendaris di dunia. Dengan aliran realisme, lukisan ini ingin menggambarkan sosok gadis sensual yang menatap dengan mulut terbuka. Sampai sekarang lukisan ini masih menyimpan misteri tentang siapa sosok gadis tersebut, namun ada yang menyebut bahwa gadis tersebut anak dari sang pelukis. Lukisan ini sering dijuluki sebagai Mona Lisa Belanda atau Mona Lisa Utara.
6. Lukisan Caffe Terrace of Night
Lukisan paling legendaris di dunia yang keenam merupakan karya Vincent de Gogh yang dibuat pada tahun 1888. Lukisan beraliran ekspresionisme ini menggambarkan keindahan dan kehangatan kafe Arles. Terdapat surat romantis di dalam lukisan tersebut, dimana Vincent ingin menyampaikan bahwa jika berada di kafe Arles tidak seorang pun bisa melihat malam yang gelap, melainkan hanya langit berwarna biru.
7. Lukisan Luncheon of the Boating Party
Lukisan yang dipamerkan di Museum the Philip Collection ini mempunyai aliran impresionisme, realisme, dan romantisme. Lukisan karya Pierre Auguste Renoir ini menggambarkan teman Renoir yang sedang menikmati waktu di restoran Fournaise Maison. Tidak hanya itu, lukisan ini juga menonjolkan kekayaan bentuk, figure, dan lanskap.
8. Lukisan from the Lake
Georgia O’Keefe melukis lukisan tersebut pada tahun 1924 dengan aliran Abstrak. Lukisan yang saat ini dipamerkan di Museum Seni Arizona ini menggambarkan Danau George di New York. Lukisan ini terlihat sangat tajam, karena dipenuhi warna cerah agar mampu menggambarkan objek aslinya tanpa mengubah aliran asbtraknya.
Nah itulah 8 lukisan paling legendaris di dunia, mana yang menurutmu paling terkenal? Saat ini lukisan tersebut dipajang di museum tertentu. Bahkan tak jarang beberapa lukisan legendaris dilelang oleh pihak museum dengan harga fantastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *