Lukisan adalah sebuah hasil karya yang dibuat oleh pelukis dengan bantuan kuas dan pewarna. Saat zaman sudah semakin modern, warna untuk melukis pun semakin beragam, mulai dari cat air, cat minyak, dan masih banyak lagi. Tidak hanya pewarna, media melukis pun juga semakin banyak, mulai dari canvas, kain, kaca, kertas, dan masih banyak lainnya. Beberapa hasil lukisan di dunia ini memiliki harga fantastis. Bukan tanpa sebab, selain dilukis oleh pelukis handal, lukisan bisa dihargai fantastis karena filosofi di balik lukisan tersebut. Penasaran lukisan apa saja yang mempunyai harga paling mahal di dunia? Berikut informasinya untukmu:

artbychance.org

  1. Lukisan Salvator Mundi
    Lukisan legendaris ini merupakan hasil karya pelukis terkenal Era Renaisans, yaitu Leonardo da Vinci. Menurut sejarawan, lukisan ini menyimpan banyak misteri, bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa lukisan ini petunjuk letak harta karun di suatu tempat. Tak heran, jika banyak orang berusaha memilikinya, bahkan dengan cara-cara illegal seperti mencuri. Dikabarkan bahwa lukisan berjudul Mona Lisa ini pernah dicuri pada tahun 1763 hingga 1900-an, dan pada tahun 2005 ditemukan kembali. Pada tahun tersebut lukisan Salvator Mundi ini diletakkan di New York Museum. Kemudian pada tahun 2017 lukisan ini dilelang dan berhasil terjual seharga 6 triliun rupiah oleh keluarga Kerajaan Arab Saudi.
  2. Lukisan Interchange
    Posisi kedua lukisan termahal diduduki oleh hasil karya Willem de Kooning. Lukisan beraliran abstrak impresionisme ini tidak menggambarkan objek tertentu. Akan tetapi lukisan ini dapat meningkatkan gairah dan perspektif seseorang. Lukisan ini tersimpan rapi di Arts Institute of Chicago sejak tahun 1997 atau sepeninggal Willem de Kooning. Kemudian pada tahun 2015, lukisan Interchange dilelang dan berhasil terjual seharga 4,1 triliun rupiah kepada kolektor seni lukis bernama Kenneth C. Griffin.
  3. Lukisan Nafea Faa Ipoipo
    Jika diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, lukisan ini memiliki nama “when will you marry?”. Lukisan beraliran post impresionisme ini dilukis oleh pelukis kelas dunia bernama Paul Gaufin. Di dalam lukisan ini tergambar 2 sosok wanita di tengah pada rumput yang menguning. Wanita tersebut mengenakan 2 busana yang berbeda, yaitu busana tradisional Tahiti dan wanita satunya memakai baju khas Kolonial Belanda. Lukisan ini merupakan hasil favorit dari sang pelukis hingga kematiannya pada tahun 1903. Sepeninggal pelukisnya, lukisan ini disimpan Museum yang terletak di Basel Swiss. Kemudian, pada tahun 2015 lukisan tersebut dilelang oleh pihak museum dan berhasil terjual dengan harga 4,1 triliun rupiah kepada Museum Qatar.
  4. Lukisan The Card Players
    Lukisan beraliran impresionisme ini dibuat pada tahun 1890 di Prancis oleh Paul Cezanne. Di dalam lukisan tersebut berisi 2 sosok pria yang sedang bermain kartu, ditemani rokok dan sebuah minuman. Ada banyak versi dari lukisan The Card Players dan keberadaannya tersebar di beberapa museum. Salah satu versinya berhasil terjual dengan harga 3,4 triliun rupiah kepada Kerajaaan Royal Qatar.
    Nah itulah beberapa lukisan yang berhasil terjual dengan harga fantastis. Lukisan tersebut dihargai triliunan rupiah karena dibuat oleh pelukis kelas dunia dan memiliki filosofi mendalam. Jadi, tak heran jika banyak orang berebut untuk bisa memiliki hasil karya lukisan pelukis kelas dunia. Kamu tertarik memilikinya? Sayangnya lukisan tersebut sudah tidak dilelang dan dijadikan isi di sebuah museum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *